PT Lamong Energi Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha ketenagalistrikan dan kegiatan usaha pendukung antara lain membangun dan mengoperasikan pembangkit listrik, menjual tenaga listrik, penyediaan bahan bakar, fasilitas yang terkait dengan pembangkit listrik serta utilitas kawasan. Didirikan tanggal 8 Desember 2014. Dan telah beroperasi secara komersial pada Maret 2017.
Berdiri dibawah naungan PT Terminal Teluk Lamong sebagai induk yang merupakan bagian dari PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), PT Lamong Energi difokuskan untuk menunjang bisnis utama PT Terminal Teluk Lamong.

Lokasi

Berlokasi di area PT Terminal Teluk Lamong di JL. Raya Tambak Osowilangun, Kecamatan Benowo Surabaya. Ketika memasuki area Teluk Lamong akan disambut dengan jembatan sepanjang 1,2 km dan gedung kuning disebelah kanan, disisi sebelah kiri bisa ditemukan 2 buah engine berwarna hijau yaitu PLTMG milik PT. Lamong Energi Indonesia.
Pembangunan mesin PLTMG dimulai sejak tahun 2016.

Sejarah Perusahaan

2013 – Penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) dan PT Rekayasa Industri mengenai kerja sama pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) di PT Terminal Teluk Lamong.
2014 – Pendirian Perusahaan patungan antara PT Terminal Teluk Lamong dengan PT Adhi Karya, yaitu PT Lamong Energi Indonesia
2016 – Ijin Prinsip Pelepasan Wilayah Usaha untuk pengusahaan listrik/ pengoperasian PLTMG di PT Terminal Teluk Lamong