by Admin Web Admin Web No Comments

PT LEGI Berhasil Uji Coba Layanan Shore Connection di Pelabuhan Lembar, NTB

Lembar (19/5), Pengembangan layanan shore connection terus dilaksanakan oleh PT Lamong Energi Indonesia (PT LEGI) di lingkungan PT Pelabuhan Indonesia III (Persero). Layanan shore connection sendiri merupakan layanan penyediaan listrik darat bagi kapal yang sedang sandar di pelabuhan untuk kegiatan bongkar muat.

MV Mochtar Prabu Mangkunegara milik PT Pupuk Indonesia Logistik (Pilog) menjadi kapal pertama yang menjajal layanan shore connection di Pelabuhan lembar. Kapal yang memiliki LOA 115.7 meter dan LBP 109.9 meter tersebut sandar di Dermaga Nusantara II Pelabuhan Lembar pada tanggal 15 s.d. 19 mei 2020. Selama melakukan kegiatan bongkar 7800 ton pupuk urea di Pelabuhan Lembar, kapal tersebut menggunakan listrik sebesar 4028.30kWh dari layanan shore connection PT LEGI.

Direktur Utama PT LEGI Purwanto Wahyu Widodo mengatakan, “saat ini pengembangan layanan shore connection terus dilakukan oleh PT LEGI khususnya di lingkungan Pelindo III yang ada di wilayah timur Indonesia seperti Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.’

Menurutnya layanan shore connection ini memberikan manfaat yang signifikan baik dari sisi pengguna jasa maupun dari pelabuhan itu sendiri.

 

“Layanan shore connection memberikan keuntungan berupa penghematan atau efisiensi penggunaan bahan bakar minyak kapal saat sedang sandar melakukan kegiatan bongkar muat di pelabuhan. Dengan penghematan penggunaan bahan bakar tersebut maka akan menurunkan konsumsi BBM sehingga diharapkan akan menurunkan biaya logistic. Disamping itu pelabuhan juga mendapatkan keuntungan berupa pengurangan emisi gas buang BBM dan emisi suara sehingga akan menciptakan pelabuhan yang ramah lingkungan,” tegas Direktur Utama PT LEGI.

Saat ini PT LEGI sedang membangun instalasi  shore connection pada beberapa terminal di lingkungan Pelindo III seperti di Maumere, Tenau Kupang, Banjarmasin, Bagendang, Bumiharjo, Benoa dan Tanjung Intan Cilacap. Kedepannya diharapkan makin banyak pelabuhan atau terminal yang ada di Indonesia menggunakan layanan shore connection untuk dapat menurunkan biaya logistic dan menciptakan pelabuhan yang ramah lingkungan.

Tentang PT LEGI:

PT Lamong Energi Indonesia yang juga dikenal dengan PT LEGI merupakan anak usaha dari PT Terminal Teluk Lamong (bagian dari Pelindo III Group) yang bergerak di bidang usaha ketenagalistrikan dan jasa penunjang lainnya, Antara lain membangun dan mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG), penyediaan tenaga listrik dan fasilitas yang berhubungan dengan kelistrikan serta utilitas di lingkungan Pelabuhan dan Kawasan Industri.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

Dony Eko Prasetyo

Sekretaris Perusahaan dan Hukum

PT Lamong Energi Indonesia

Jl. Raya Tambak Osowilangun KM. 12, Surabaya

Telp      : +62 31 9900 1500 ext. 1602

HP       : +62 82140320167

Email    : info@lamongenergi.co.id; dony.eko@lamongenergi.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *